Warning: Creating default object from empty value in /home1/pelangin/public_html/wp-content/plugins/download-monitor/classes/download_taxonomies.class.php on line 154
Realita Musik Anak Indonesia Baru | Pelangi Nada

Pelangi Nada: Realita Musik Anak Indonesia Baru

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 6.9/10 (7 votes cast)

Realita musik anak Indonesia tidak terlalu menggembirakan, itulah jeritan hampir semua keluarga dan anggota masyarakat. Minimnya lagu yang dikhususkan untuk anak-anak, tiadanya acara TV yang memuat lagu anak menjadi cermin buruknya realita musik anak Indonesia. Apalagi kalau ditambah dengan bombardir acara musik yang sangat melimpah, tetapi semuanya dengan tema cinta dan tema-tema dewasa lainnya.

***

Tantangan Mencipta Realita Musik Anak Indonesia Baru

Pelangi Nada Realita Musik Anak Indonesia BaruAdakah yang bisa kita lakukan untuk mengubah realita musik anak Indonesia ini? Tentu saja ada dan banyak. Kita membutuhkan realita musik anak Indonesia yang baru. Untuk itu, dibutuhkan banyak kerja keras, bukan dengan sekedar  menuntut pihak-pihak lain untuk bekerja, tetapi melalui karya-karya nyata kita yang peduli dengan realita musik anak Indonesia.

Bagaimana membuat lagu-lagu yang memang disukai anak-anak, bagaimana mengemas lagu anak menjadi tontona dan acara yang diminati masyarakat; itulah sebagian tantangan nyata di depan mata untuk mengubah realita musik anak Indonesia yang tidak kita sukai saat ini.

Untuk membangun realita musik anak Indonesia yang baru, kita harus terus bergerak maju. Tak cukup hanya bernostalgia dengan lagu-lagu anak masa lalu. Sebagai sebuah apresiasi dan jembatan menuju realita musik anak Indonesia yang baru, kita memang bisa mengemas ulang lagu-lagu anak di masa lalu. Tetapi, kita juga butuh nafas baru dan lagu-lagu baru yang menggambarkan nafas zaman tempat anak-anak kita hidup saat ini. Sebab, setiap zaman niscaya memiliki nafas dan semangat khas yang melekat padanya.

Bukan hanya mencipta, kita juga butuh berbagai inisiatif dan sinergi untuk mendorong lahirnya realita musik anak Indonesia yang baru. Salah satu yang terpuji adalah seperti pembuatan film anak “Ambilkan Bulan” oleh Mizan Production yang sekaligus dijadikan momentum untuk mendorong kelahiran realita musik anak Indonesia yang baru.

***

 

Pelangi Nada: dari Rumah untuk Indonesia

Realita Musik Anak Indonesia BaruAku sendiri hanya ibu rumah tangga.Tapi aku juga ingin ikut berkontribusi untuk kelahiran realita musik anak Indonesia yang lebih baik dari yang ada pada saat ini.

Aku senang menyanyi dan membuat lagu anak. Aku suka menggunakan lagu sebagai bagian dari kegiatan anak-anakku, baik untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk proses belajar mereka. Maka, melalui lagu-lagu anak yang aku buat ini, aku ingin ikut berkontribusi membangun realita musik anak Indonesia yang baru.

Cara yang aku lakukan sederhana, dengan segala keterbatasanku sebagai ibu yang berkarya dari rumah. Aku membuat lagu-lagu anak dan merekamnya di laptop, kemudian lagu-lagu anak itu aku unggah ke situs Pelangi Nada. Lagu-lagu anak yang aku buat itu bisa diunduh gratis oleh keluarga Indonesia di manapun berada dan kemudian digunakan, baik di rumah maupun di sekolah. (Cerita tentang proses kelahiran Pelangi Nada bisa dibaca di “Pelangi Nada: Behind the Scene“)

Bagi yang kesulitan mengunduh lagu anak di Pelangi Nada, bisa memesan CD Pelangi Nada yang dikirim ke rumah. Selain memberikan fleksibilitas, keberadaan CD Pelangi Nada juga berfungsi untuk menjaga kelangsungan Pelangi Nada karena menjadi penopang biaya sewa hosting dan operasional Pelangi Nada.

Sampai saat ini sudah ada 60 lagu anak karyaku yang ada di Pelangi Nada dan bisa diunduh. Temanya beragam, mulai belajar membaca, belajar berhitung, keseharian, pendidikan karakter dan sebagainya.

***

Semoga, kehadiran Pelangi Nada bisa berkontribusi untuk menghadirkan realita musik anak Indonesia yang baru dan bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Semoga inisiatif kecil ini bisa menginspirasi siapapun untuk ikut berkarya.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +9 (from 9 votes)
Pelangi Nada: Realita Musik Anak Indonesia Baru, 6.9 out of 10 based on 7 ratings
Print Friendly

58 Customer Reviews

  1. kristien yuliarti Reply
    March 22, 2012, 3:50 pm

    Senangnya bisa bermunculan lagu-lagu yang irama dan -terutama liriknya- sesuai dengan dunia anak. Suatu kerinduan yang sudah ada sejak lama…karena amat prihatin dengan kemunculan lagu/grup musik/penyanyi saat ini, yang dengan mudah menjadi contoh bagi anak-anak kita.
    Terima kasih ya mbak Lala atas kreativitasnya yang amat berharga untuk proses pendidikan anak. Mari belajar sambil bernyanyi….

    • lala Reply
      March 22, 2012, 4:01 pm

      Terima kasih untuk support dan kunjungannya ke Pelangi Nada, mbak Kristien. Mari kita ajak anak-anak bergembira melalui lagu yang memang cocok untuk mereka :)

  2. Ophie Reply
    March 22, 2012, 3:59 pm

    Aqeela dan Kei sukaaaaaaa banget sama lagu-lagu di Pelangi Nada.Aku juga suka.Lagu-lagunya sederhana dan penuh dengan cerita keseharian.Maju terus Pelangi Nada ^_^

    • lala Reply
      March 22, 2012, 4:02 pm

      Terima kasih mbak Ophie. Senang mendengar Aqeela & Kei suka dengan lagu-lagu yang ada di Pelangi Nada :)

  3. Nadia Reply
    March 22, 2012, 4:19 pm

    Lala… aku juga suka iseng tuh bikin lagu juga buat anak2ku sendiri… Jadi makin terinspirasi nih setelah baca tulisannya Lala. Boleh ngga kita ikut berpartisipasi? Caranya gimana?

  4. vidrie Reply
    March 22, 2012, 5:26 pm

    selalu menunggu lagu-lagu baru dari mba Lala…menginspirasi semua ibu termasuk saya untuk bikin anak2 senang dengan lagu yg sesuai dengan mereka. Terus berkarya ya mba !

    • lala Reply
      March 22, 2012, 5:56 pm

      Terima kasih mbak VIdrie, semakin semangat untuk berkarya ^_^

  5. gita lovusa Reply
    March 22, 2012, 6:35 pm

    kehadiran pelangi nada bikin rumah2 makin ceria.
    ibunya, bapaknya, adeknya, kakaknya, semua nyanyi bersama. ^_^

    • lala Reply
      March 28, 2012, 10:54 am

      Ayo kita nyanyi sama2 :)

  6. ke2nai Reply
    March 22, 2012, 10:40 pm

    lagu anak jaman skrg ini makin langka.. untungnya ada pelangi nada yang gak cuma peduli tapi juga mampu membuat sebuah karya yg indah.. salut utk mbak mira :)

    • lala Reply
      March 28, 2012, 10:55 am

      Terima kasih kunjungan & apresiasinya. Ayo sama2 kita sajikan lagu terbaik untuk anak2 Indonesia :)

  7. Faiz Faeruz Reply
    March 23, 2012, 1:08 pm

    Jadi inget masa kanak2dulu, izin dunlud buat keponakan yah ibu.

    Pasti pada seneng adek2q.^_^

    • lala Reply
      March 24, 2012, 11:48 am

      Silakan mas Faiz. Terima kasih kunjungannya :)

      • Faiz Faeruz Reply
        March 24, 2012, 11:49 am

        Okeh mba lala.
        terimakaciiih^_^

  8. Heni Bakara Reply
    March 23, 2012, 1:09 pm

    Seneng bisa denger lagu anak2 kembali…suka lagu WARNA…kesukaan ku warna kuning :) hihihihi…

    mbk lala kerennnn…..*twotumbs*

    • lala Reply
      March 28, 2012, 10:56 am

      Terima kasih kunjungannya mbak Heni. Ada banyak lagu anak di Pelangi Nada. Semoga anak2 suka dengan lagu2nya..

  9. DewiBakara.com Reply
    March 23, 2012, 1:10 pm

    akhirnya..aku menemukan juga web tentang lagu anak2. prihatin juga yaa sekarang minimnya lagu anak. Boleh juga nih mbak kalo ada ajang lagu anak di TV..heheee
    jiayooo mbak lala..tar aku bantu share juga yaa link nya

    • lala Reply
      March 28, 2012, 10:58 am

      Ayooo doain ya :)

  10. Nuning Widowati Reply
    March 23, 2012, 1:14 pm

    Woowww….seruuu dan asik, jadi anak ku bisa dengerin lagu-lagu anak yang ringan, bagus dan mendidik pastinya…
    terima kasih mba Lala sudah menyajikan lagu anak untuk anak-anak Indonesia…

    Semangat yaa!

    • lala Reply
      March 28, 2012, 11:04 am

      Terima kasih kunjungan & apresiasinya mb Nuning, semoga anak2 suka dengan lagunya ya ^_^

  11. riana saraswati Reply
    March 23, 2012, 1:16 pm

    mb lala….
    lagunya oke n keren, salutt lutt lutt…

    • lala Reply
      March 28, 2012, 11:08 am

      Terima kasih sih sih mb Riana :)

  12. Apartement Murah Reply
    March 23, 2012, 1:25 pm

    Jika memang ini jadi website yang BESAR, maka saya Amiii…n kan
    Semoga Pelangi Nada menjadi Semakin BESAR dan Makin BERKIBAR di Indonesia sebagai SUMBER lagu-lagu Anakk-anak di Indonesia.

    • lala Reply
      March 28, 2012, 2:40 pm

      Terima kasih pak :)

  13. Doni Reply
    March 24, 2012, 11:40 am

    Waaaa… serunya banyak lagu anak lagi…. seruuu… berikan hak bagi anak untuk mendapat lagu yang sesuai dengan umurnya yeaayy \^_^/

    • lala Reply
      March 28, 2012, 2:41 pm

      Iyaaaa… terima kasih mas Doni :)

  14. Haeruddin Ahmad Reply
    March 24, 2012, 11:44 am

    Website yang sangat BERMANFAAT, Web yang banyak menyediakan sarana untuk belajar buat anak anak indonesia.

    Terima Kasih untuk Informasinya..

    • lala Reply
      March 28, 2012, 2:42 pm

      Terima kasih kunjungannya mas Haeruddin :)

  15. Arofa Noor Inriana Reply
    March 24, 2012, 11:50 am

    Anak saya perlu lagu-lagu anak seperti ini, tx

    • lala Reply
      March 28, 2012, 2:42 pm

      Asik asik…. semoga anak2 suka dengan lagu barunya ya pak :)

  16. Showroom Mobil CBU Reply
    March 24, 2012, 11:56 am

    infonya sangat bermanfaat anak anak indonesia jadi punya lagu lagu yang sesuai dengan umurnya

    • lala Reply
      March 28, 2012, 2:41 pm

      Terima kasih mas untuk kunjungannya ke Pelangi Nada :)

  17. Stiker Label Nama Reply
    March 24, 2012, 3:43 pm

    lagu-lagu di pelangi nada sangat bermanfaat untuk referensi ibu-ibu indonesia…sukses buat mb lala..

    • lala Reply
      March 29, 2012, 8:59 am

      Terima kasih mbaak untuk supportnya :)

  18. riana saraswati Reply
    March 24, 2012, 4:06 pm

    mb lala lagu-lagu okehhh sekalii….

  19. Ridwan Reply
    March 26, 2012, 11:58 pm

    Semoga IDEALISME nya Menular Ke SEGENAP Tumpah Raya Indonesia. Lagu2 nya Asik Asik. Membuktikan kalau INDONESIA Memang Bangga Punya Seorang Mba Lala.
    Anak Saya Suka Dengerin Lagunya Semuanya.

    • lala Reply
      March 29, 2012, 9:00 am

      Aamiin. Senang kalau lagunya disukai :)

  20. yulia Reply
    March 28, 2012, 11:23 am

    setelah kenal dg pelangi nada,aq jd spt trkena virus,,bernyanyi2 terus tiap mbimbing anakquw melakukan aktivitas2nya,,ehh tau2 aq jd bs ngarang2 lagu sendiri hihihi…makasih ya pelangi nada dah jd perintis pnciptaan lagu2 anak,,,bmanfaat sekali utk keluarga kecil kami,,,*big hug bwt mba lala hehe

    • lala Reply
      March 29, 2012, 9:00 am

      Wuaaaaaaa, senang sekali kalau anak-anak jadi suka menciptakan lagunya sendiri. Terima kasih sudha berbagi kisah dengan Pelangi Nada :)

  21. Victoria Ariwita Reply
    March 28, 2012, 11:25 am

    Dengan lagu dan nada, memberikan warna di keceriaan wajah mungil, generasi bintang, anak2 kita. Semoga lagu-lagu di Pelangi Nada bisa dapat dinikmati seluruh orang tua dan anak2 Indonesia, seluruh pelosok negeri, dan luar negeri. GBU mbak Lala & sukses! :)

    • lala Reply
      March 29, 2012, 9:01 am

      Aamiin. Terima kasih doanya mbak :)

  22. Desi Suryani Reply
    March 28, 2012, 11:28 am

    Semoga dengan adanya Pelanginada kita bisa kembali mendengarkan lagu-lagu anak sesuai dengan usia mereka…

    • lala Reply
      March 31, 2012, 9:18 am

      Ayo mbak Desi, sama-sama kita rubah realita musik anak di Indonesia menjadi lebih baik bagi anak Indonesia

  23. Intan Reply
    March 28, 2012, 11:55 am

    Alhamdulillah, karena lagu2 di Pelangi Nada para keponakanku gak lg nyanyi lagu2 anak gedhe…makasih mbak Lala, CD Pelangi Nada bisa jd kado istimewa buat anak2 Indonesia

    • lala Reply
      April 2, 2012, 9:46 am

      Terima kasih apresiasinya mbak Intan. Ayo kita tularkan virus lagu ramah anak :)

  24. lea Reply
    March 28, 2012, 1:41 pm

    Lalaa…
    Terimakasih ya…jadi another Ibu Sud n Bu Kasur.. :) ???

    • lala Reply
      April 2, 2012, 9:48 am

      Aamiin……. jadi siapa saja yang penting bermanfaat untuk orang banyak, khususnya anak-anak Indonesia ^_^

  25. aiko Reply
    March 28, 2012, 10:11 pm

    saya share link di fesbuk ya bunda… banyak kenalan yang ibu-ibu niih >w<

    • lala Reply
      April 2, 2012, 9:48 am

      Asik.. terima kasih partisipasinya mbak Aiko

  26. wincuwin Reply
    March 29, 2012, 8:30 am

    Beryl (32 bln) paling suka sama lagu yang judulnya “ayo kita mandi”, asyik deh sama mandi , sambil nyanyi….nggak pake rewel….

    • lala Reply
      April 2, 2012, 9:49 am

      Yeaaaa… senang sekali mendengarnya :)

  27. Kancil Enrichyourkids Reply
    March 29, 2012, 10:43 am

    Setelah mengadakan workshop kemarin, baru tau kalau ternyata sebenarnya membuat lagu untuk anak itu sangat menyenangkan, bisa memasukkan semua ide yang sangat disukai anak, mw binatang, buah, mainan dll, bisa kita buat lagu untuk mereka..
    Maju terus lagu anak Indonesia,…maju terus PelangiNada…:)

    • lala Reply
      April 2, 2012, 9:54 am

      Yes… ayo sama2 bikin lagu anak. Semakin banyak pilihan lagu ramah anak semakin baik untuk anak-anak Indonesia :)

  28. alzena Reply
    March 30, 2012, 8:26 am

    Huhuuuy, Lala, terus berkarya ya,,, benar-benar takjub dengan dirimu ketika pertama kali menantang 1 lagu 1 hari itu :) Dan, berhasil!! Terimakasih atas cintamu pada anak-anak Indonesia ya… :)

    • lala Reply
      April 2, 2012, 9:54 am

      Kembali kasih mbak Alzena, terima kasih juga untuk supportnya yaaaa :)

  29. octa Reply
    April 5, 2012, 12:52 am

    anak-anak saya suka lagu-lagu mbak lala… :)

    #berharap anak-anak lain di sekitar saya juga menyenandungkan lagu anak-anak ketimbang lagu orang dewasa yang sedang trend…

    sukses terus ya mbak lala…

  30. magda Reply
    April 14, 2012, 12:56 am

    Senangnya “bertemu” Pelangi Nada sama seperti menemukan harta karun! Terima kasih banyak mba Lala :)

Write A Reply